h1

Tentang Program Studi Desain Interior ISI Yogyakarta

Program Studi S-1 Desain Interior ISI Yogyakarta adalah program studi di Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang merupakan perguruan tinggi seni negeri tertua,terbesar dan terbaik di Indonesia

PERKULIAHAN dan FASILITAS

Kuliah teori dan praktek diberikan secara berimbang dengan bimbingan dosen-dosen berpengalaman, sehingga suasana perkuliahan tidak menegangkan tapi justru menyenangkan. Semua ruang kelas dilengkapi AC dan LCD proyektor. Program Studi S-1 Desain Interior ISI Yogyakarta memiliki beberapa laboratorium diantaranya lab.komputer dengan software 2D/3D dan lab.airbrush,studio gambar kerja, studio tugas akhir, ruang seminar, perpustakaan berkoneksi internet dengan koleksi buku-buku desaindari dalam dan luar negeri yang lengkap

PRESTASI

  • Program Studi S-1 Desain Interior ISI Yogyakartatelah memperoleh status akreditasi A dari BAN-PT DEPDIKNAS.
  • Pada tahun 2002 Program Studi S-1 Desain Interior ISI Yogyakartamemenangkan hibah pendidikan dari program DUE-like (Development Undergraduate Education)

Beberapa prestasi mahasiswa, alumni dan dosen diantaranya

  • Juara I Indonesian Design Competition 2004 kategori furniture,
  • Juara I HomeCientro Interior Design Competition 2005,
  • Juara I Mowilex Colour Competition Awards 2005,
  • Juara I Jepara Furniture Design Awards 2006,
  • Juara II Campus Design Awards 2007,
  • Juara II Indonesia Furniture Design Awards 2008,
  • Memecahkan rekor MURI (untuk mural lebih dari 1100 tong sampah) saat menjadi tuan rumah TKMDII ke9 (Temu Karya Mahasiswa Desain Interior se-Indonesia)
  • Juara III Desain Toilet Umum Terminal Bus Antar Kota, INDESS 2010
  • Desain Stand Terbaik di Festival Desain Interior Desain.ID
  • Juara I, Juara II dan Juara Favorit Desain Furniture di ajang 2nd AFDC 2010
  • Dosen Program Studi S-1 Desain Interior juga menjadi salah satu pemenang Black Innovation Awards 2008

PELUANG KERJA

Pembangunan fisik yang begitu pesat di Indonesia belumlah sebanding dengan jumlahdesainer interior. Sehingga rata-rata mahasiswa desain interior sudah mendapatkan pekerjaan kurang dari enam bulan setelah lulus atau bahkan sebelum lulus kuliah.

Peluang kerja yang bisa diraih adalah

  • sebagai desainer baik itu di consultant/kontraktor bidang interior, mebel, craft atau exhibition
  • sebagai visual menchandiser,
  • sebagai penulis dan peneliti bidang desain interior,
  • sebagai staf pengajar/dosen desain interior (menempuh pendidikan tambahan S2 Desain/Seni jika ingin menjadi dosen, menempuh pendidikan tambahan Akta 4 mengajar jika ingin menjadi guru seni rupa)
  • sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada bidang/departemen/kementrian yang membutuhkan (misalnya Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan, Kementrian Pekerjaan Umum, atau Kementrian Sekretariat Negara)
  • dan berwirausaha mandiri/pengusaha di bidang desain interior.

Guna memperbesar kesempatan kerja lulusan, Interior ISI Yogyakarta juga menjalin hubungan yang baik dengan stake-holder diantaranya HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia), ASMINDO (Asosisasi Pengusaha Mebel Indonesia), dan INDESS (Ikatan Pelaku Industri Desain Interior Indonesia)

25 comments

  1. kalau yg test teorinya akayak apa sih??

    Interior says: tahun 2011 tidak ada tes teori, hanya ada tes praktek dan wawancara


  2. Testnya harus di ISI Yogyakarta? Tidak bisa di luar kota?

    admin says: ya harus di jogja


  3. mata kuliah yang di ajarkan di jurusan desain interior apa saja?

    admin says: baca lagi blog ini di bagian kurikulum


  4. apakah ISI tdk menyediakan beasiswa?

    admin says: beasiswa biasanya mulai semester 3, asal ip lebih dar 3 mudah kok dapat beasiswa


  5. apakah setelah lulus akan ada ikatan kerja dengan perusahaan ?

    admin says: ikatan dinas sih gag ada, tapi banyk kok mahasiwa ISI yang kemudian dibooking oleh perusahaan sewaktu dia menumpuh KP/PKL, peluang kerja di bidang ini masih besar karena jumlah kampus yang ada jurusan ini masih dikit tapi pembangunan cenderung meningkat, so banyak proyek lah, lagi pula kalo pringkat prodi interior isi itu kategori A bersama ITB dan trisakti


  6. permisi kak, mau nanya, saya lulus SMA tahun 2007, berminat masuk ISI prodi Desain Interior. Apa saya bisa ngambil program reguler??? mohon penjelasannya, trima kasih sebelumnya :)

    admin says: umur tidak masalah, silakan ambil program reguler


  7. test teori tahun ini seperti ap ya?

    admin says: mohon maaf sudah beberapa tahun ini tes teori tidak ada, baru tahun ini diadakan lagi, jadi mungkin sulit dapat contoh soal tahun tahun sebelumnya
    kalo contoh soal seni budaya
    a. bisa bersifat sejarah: seperti siapa seniman patung yang membuat patung selamat datang di bunderan HI? tari pendet berasal dari mana? apakah nama kamera pertama di dunia? dll
    b. bersifat pengetahuan dasar seni: seperti yang disebut warna primer itu apa saja? dll
    c. bersifat informasi uptodate: siapa sutradara film sang penari yang memenangkan piala citra 2011? dll


  8. sulit tidak ya masuk jurusan ini?

    admin says: sulit tidak itu tergantung para peserta tes, siapa yang lebih baik saat mengerjakan tes itulah yang diterima, makanya berlatih yang serius yah


  9. apa test teori gambar suatu ruang secara 3D?

    admin says:
    mohon maaf pertanyaan anda kurang jelas, mungkin admin hanya menebak maksud anda.
    a. tes teori itu terdiri dari bhs.indo, bhs,inggris, PKN, dan seni budaya (berupa pilihan ganda)
    b. tes prakteknya menggambar perspektif sebuah ruang, misalnya http://www.decoration-pic.com/uploads/allimg/2008-12/01130027-2-11140.jpg
    c. tes wawancara


    • oh ya maaf atas kurang jelas nya,ya maksud saya tentang ujian prateknya… terimakasih sudah menjawab min :)


  10. Tes prakteknya menggambar manual pake tangan atau komputer

    admin says: gambar manual


  11. kuota siswa yang di terima brapa ya untuk design interior?

    admin says: kelas reguler gelombang 1 sekitar 50an orang, kelas non reguler gelombang 2 sekitar 30an orang


  12. ada kelas malam atau weekend engga ya?karena saya sedang bekerja saat ini.Terima kasih.

    admin says : maaf sampai saat ini tak ada kelas malam hanya ada kelas reguler biasa


  13. maaf kak mau tanya, kalo design interior itu jurusan ipa atau ips ya? terima kasih.

    admin says: jurusan apa aja boleh masuk asal bisa bersaing saat tes masuk


  14. kalau teknis tes prakteknya kayak gmna ya ?

    admin says: baca di http://www.isiyogyakarta.wordpress.com bagian FAQ


  15. desain interior untuk s2 ada ga? koh di cek di http//www.pascaisi.com ga ad? makasih…

    admin says: pilihan kuliah S2 di ISI
    1. pilih prodi S2 pengkajian seni dengan fokus penelitian bidang desain interior, kalo ingin meneliti bidang desain interior/menjadi dosen/peneliti
    2. pilih prodi S2 penciptaan seni dengan fokus karya desain interior, kalo ingin menjadi desainer profesional
    3. pilih prodi S2 tata kelola seni dengan fokus kajian bidang manajemen desain interior, kalo ingin buka bisnis bidang desain interior


    • Klo misal dari S1 ekonomi management bisa ga ambil S2 desain interiornya?

      Admin says: kalo mau jadi desainer sebaiknya ambil s1 lagi karena di s2 sifatnya lebih teoritik, makanya admin nanya dulu s2nya mau buat apa?


  16. Mau tanya, untuk tahun ini tes buat masuk jurusan desain interior kapan ya?

    Admin says: Info resmi belum ada. Biasanya mei juni mulai pendaftaran. Pantau terus http://www.isi.ac.id


  17. saya kan pendidikan D3, bisa ngga buat nerusin S1nya di sini? dan kalo bisa butuh berapa semester ya? terimakasih.

    Admin says: lulusan d3 bisa lanjut. Nanti daftar lewat jalur lanjutan, nambah 1-2 tahun


  18. Dimana ya bisa dapat cth soal tes teori tahun2 sebelumnya?

    Admin says: tes teori sempat lama ditiadakan, mulai diadakan lagi baru tahun 2010 jadi agak sulit mendapatkan contoh soal, dulu pernah ada yg dibukukan judul buku kumpulan soal itu adalah: menuju kampus seni, mungkin yg punya para mahasiswa angkatan tua. Tapi tes teori bersifat pengetahuan umum aja kok, gak terlalu susah


  19. ISI kan trmasuk perguruan tinggi negeri nih(seni), apakah bisa masuk melalui jalur snmptn undangan seperti di PTN lainnya?

    admin says: ISI yogyakarta adalah kampus negeri diberi otonomi khusus untuk membuat tes/seleksi calon mahasiswa sendiri yang mengedepankan kemampuan bakat dan minat mahasiswa, oleh karena itu nilai tertinggi untuk tes masuk ISI adalah tes praktek


  20. mo nanya kalo jurusan interior itu smanya ipa/ips???

    admin says:bebas


  21. Kak, lewat SNMPTN bsa g ??
    Terus susah g sih masuk k desain interior ??

    admin says: ISI yogyakarta adalah kampus negeri diberi otonomi khusus untuk membuat tes/seleksi calon mahasiswa sendiri yang mengedepankan kemampuan bakat dan minat mahasiswa, oleh karena itu nilai tertinggi untuk tes masuk ISI adalah tes praktek


  22. punten. sy skrg msh sma kls XII IPA, nah sy mau ngambil s1 dsain interior. nilai yg hrs di tonjolkan apa aja ya?
    trmksh

    admin says: ISI yogyakarta adalah kampus negeri diberi otonomi khusus untuk membuat tes/seleksi calon mahasiswa sendiri yang mengedepankan kemampuan bakat dan minat mahasiswa, oleh karena itu nilai tertinggi untuk tes masuk ISI adalah tes praktek


  23. Saya dari Aceh. Cara mendaftar untuk ke jurusan design interior gimana ya? Oiya, apa bisa umur 28 mendaftar untuk kuliah ini dan berapa rincian biayanya? mohon infonya di kirim ke yusi.irnanda86@yahoo.com

    admin says:
    1. cara daftar bisa dicek mulai mei di http://www.isi.ac.id
    2. umur berapapun bebas
    3. biaya bisa dicek juga nanti di http://www.isi.ac.id



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: